config

Selasa, 27 Januari 2015

10 Router Wi-Fi Terbaik


Pendahuluan

Sejak diperkenalkannya layanan broadband Internet kabel banyak orang mencari perangkat jaringan yang berupa wireless router untuk dipasangkan dengan modem kabel yang disediakan atau disewakan oleh penyedia layanan kabel. Kalau layanan Speedy modem yang disediakan oleh Telkom adalah modem yang sudah termasuk didalamnya fitur router (NAT) atau yang dikenal dengan modem gateway sehingga pelanggan yang ingin membangun jaringan Wifi (jika belum) harus menyediakan sebuah wireless access point, jadi bukan wireless router.

Bagi pelanggan kabel broadband memilih wireless router terbaik bukan perkara mudah karena terkadang apa yang ada dipasaran Amrik atau di luar sono yang mempunyai rating tinggi di beberapa online store belum tentu ada dipasaran di Negeri tercinta ini.

Memilih yang terbaik

Terkadang apa yang kita sebut terbaik belum tentu menjadi yang terbaik menurut kebutuhan kita. Apalagi membidik perangkat electronic yang terbaik itu seperti membidik object yang sedang berlari. Setiap sekian bulan muncul produk baru dengan segala kecanggihan yang ditawarkan oleh pabrikan melebihi produk sebelumnya – setidaknya apa yang di klaim oleh produsen.

Dengan diperkenalkannya teknologi wifi generasi kelima yang speednya bisa mencapai gigabit (secara teori), belum tentu produk wireless router dengan teknologi nirkabel N sebelumnya langsung ditinggalkan. Kalau tidak ada tuntutan untuk kecepatan tinggi kenapa juga harus mengganti produk lama yang masih bisa memenuhi kebutuhan kita?


Top 10 Wireless routers

Berikut adalah top 10 wireless router terbaik dipasaran Amrik  yang sangat diminati di pasaran dan tidak semata-mata produk yang diklaim terbaik menurut produsen.

1. TP-link WR-841N

Salah satu wireless N300 routers yang paling ekonomis adalah TP-link WR841N. Router ini ekonomis dengan harga dibawah $30 cukup buat dirumah standard. Model dari router ini termasuk kemasan baru dibanding seri-seri router TP-link sebelumnya yang dikemas hanya dengan kotak persegi alias kotak sabun. Customer rating sangat bagus yaitu 4.4 dengan skala 5 bintang diantara 1900 reviewers (oct 2014).



Fitur utama

Berbasis standard wireless N300
4x Fast Ethernet ports LAN dan 1xWAN
MIMO antenna dengan CCA technology untuk menghindari konflik channel
QoS untuk applikasi VoiP
Cons

Tidak ada USB
Single band tidak support guest network
2. Asus RT-AC66U

Bagi loyalis produk Asus, kemunculan produk wireless router dipasaran boleh dibilang mengejutkan dengan produknya yang sangat laris dan diterima dipasar dengan rating yang bagus.



Meneruskan produk sebelumnya yang juga mendapatkan respon sangat bagus dari customer yaitu RT-N56U N600, Asus RT-AC66U ini sekarang juga menjadi salah satu top 10 wireless router terbaik di Amrik. Awal kemunculan dari AC66U ini bahkan mendapatkan kendala firmware yang kurang bagus, kemudian update firmware berikutnya membawa router ini menjadi begitu banyak digemari dengan rating yang bagus juga yaitu 4.1 dengan skala 5 bintang.

Fitur utama

Diusung dengan technology wifi 5G dual band wireless AC
Speed secara teori sampai 1700Mbps total (1300Mbps pada 5GHz dan 450GHz untuk 2.4GHz)
Tiga antenna external yang kokoh dengan AiRadar untuk jangkauan yang jauh dan bagus
4xGigabit LAN port dan 1xGigabit WAN port
2x USB 2.0 port untuk printer dan storage
Support media server DLNA compliant
VPN support
Cons:

Harga masih terlalu mahal sekitaran $190 USD, berapa di Indonesia kalau ada?

3. Asus RT-N66U

Seperti penerusnya diatas yang dikemas dengan teknologi 802.11ac, untuk produk Asus yang dikemas dengan technology wireless N900 ini juga menggebrak pasar di Amrik sana dengan rating tinggi yaitu 4.4 dengan skala 5 bintang.



Hampir produk Asus tiga seri N56U, N66U dan AC66U ini mendapatkan tradisi sangat bagus dimata customer dengan fitur lebih dibanding produk lain dikelasnya termasuk tradisi 2 port USB yang sangat praktis untuk sharing printer dan storage sekaligus.

Fitur utama

Dual band wireless N900 dengan masing-masing speed sampai 450Mbps
Tiga antenna external yang kokoh dengan teknologi AiRadar
4xGigabit LAN port dan 1xGigabit WAN port
2x USB 2.0 port
Support media server DLNA compliant
Bisa sebagai wireless router atau wireless access point
Dibanding dengan versi sebelumnya N56U yang tidak support multiple SSID, yang versi ini support multiple SSID.

4. Securifi Almond

Ini dia pendatang baru dipasar wireless router – Securify Almond yang langsung menggebrak pasar di Amrik dengan produknya yang enak dipandang dan tidak umum dengan fitur konfigurasi lewat touchscreen di router.

Harga dibawah $90 produk ini menjadi salah satu wireless router terbaik dipasar sampai saat ini. customer rating rata-rata mencapai 4.6 dengan skala 5 bintang di Amazon, sungguh pencapaian yang luar biasa.



Fitur utama

Diusung dengan technology wireless N standard 300Mbps
2x internal antenna MIMO
2x Ethernet LAN port dan 1x WAN port
Multiple operating mode bisa sebagai wireless router, range extender atau wireless bridge
Konfigurasi dengan touchscreen
Kekurangan:

Hanya menyediakan dua port LAN saja.
Tidak ada port USB
Satu lagi produk Almond ini adalah yang versi dual band dengan design berwarna yang chiamik enak dipandang dan anggun.

5. Netgear R7000 Nighthawk

Salah satu wireless router yang berbasis wifi generasi ke lima (5G wifi) yang sangat popular dipasaran adalah Netgear Nighthawk R7000. Router ini berbasis wireless ac1900 memberikan total bandwidth 1300Mbps + 600Mbps, sangat cocok untuk rumah yang luas dan memiliki perangkat wifi campuran baik yang bisa bekerja pada 2.4GHz band maupun 5GHz band.



Fitur utama:

Berbasis wireless ac1900 dual band simultaneous
WiFi Transmitters/Receivers (Tx/Rx) 3×3 (2.4GHz) + 3×3 (5GHz)
Technology antenna beamforming
Dilengkapi dengan technology high power radio amplifiers
1GHz dual core processor dengan memory 128MB flash dan 256MB RAM
Prioritas bandwidth untuk streaming video dan gaming
Gigabit ports dan 1x USB 3.0 dan 1x USB 2.0 untuk printer dan storage disk
Mendukung Time Machine untuk Mac
Cons

Harga masih tergolong mahal sekitaran $200 USD
6. Linksys E2500

Salah satu produk wireless router Linksys terbaik dibawah $40 yang laris juga dipasaran adalah seri E2500, lumayan mendapatkan tempat di hati pengguna untuk dikelasnya. Roouter ini termasuk yang laris manis di kelas dual band N600 sekarang ini mengingat harganya sudah turun lumayan drastic. Dibanding produk Linksys lainnya, ini lah yang lumayan bagus mendapatkan rating di pasar Amrik.



Fitur utama

Diusung dengan standard 802.11n simultaneous dual band
Speed sampai 300Mbps tiap band
Antenna internal
4×10/100Mbs LAN ports dan 1xWAN port
Cons

Tidak ada port USB
Seri terbaru dari Linksys adalah EA6700 yang diusung dengan technology wireless ac dengan fitur Gigabit ports, 1x USB 3.0 dan 1xUSB 2.0.

7. Netgear R6300

Debut pertama Netgear dengan technology wifi generasi kelima (5G) adalah R600. Inilah generasi wireless router terbaik dari Netgear dikelas wireless ac dengan model yang berbeda dengan model Netgear sebelumnya yang di rancang model flat. Netgear R6300 dan beberapa model wireless ac router dari Netgear dirancang dengan bentuk tidak simetris disisi-sisinya seperti limas.



Fitur utama

Diusung dengan 5G Wifi technology (802.11ac)
Simultaneous dual band dengan speed 1300Mbps (5Ghz) dan 450Mbps (2.4GHz)
4xGigabit LAN port dan 1xGigabit WAN port
Internal antenna dengan BeamFoarming technology untuk koneksi wifi clients yang solid dan jangkauan jauh
2 USB ports untuk printer dan storage
DLNA media server
Cons

Tentunya harganya masih mahal sekitaran $180
Masih banyak wireless router dengan technology wifi 5G ini, hampir semua pabrikan memproduksinya termasuk TP-link Archer.

8. TP-Link TL-WR702N

Salah satu wireless router terbaik dikelas travel router adalah TPlink WR702N. router ini diusung masih dengan technology standard wireless N. dikemas dengan model kotak kecil warna permukaan biru mudah sangat praktis untuk dibawah kemana-mana baik untuk di hotel atau diruang meeting dimana hanya ada satu port Ethernet saja tersedia.



Fitur utama

Dikemas dengan technology wireless N150
Power bisa adapter bisa USB
Satu port Ethernet
Multiple mode bisa wireless router, AP, Client, Bridge and Repeater
Ekonomis dibawah $30
Cons

Tidak mendukung 3G

9. Asus RT-AC87U

Salah satu produk wireless ac router andalan dari Asus saat ini adalah wireless ac–2400 RT-AC87U dual band gigabit router. Walauun Asus sudah memperkenalkan wireless router tiga band seperti halnya Netgear Nighthawk X6, akan tetapi sampai sekarang belum di rilis. Asus mengklaim router ini adalah pertama yang menggunakan rancangan antenna 4×4 MU-MIMO beamforming untuk mengkover area seluas 465 meter persegi.



Fitur utama

Simultaneous dual band
Memberikan total bandwidth sampai 2400Mbps – 1735Mbps (wireless ac) plus 600Mbps (wireless N)
Gigabit Ethernet ports
1x USB 3.0 dan 1x USB 2.0 untuk sharing printer, storage dan juga 3G/4G modem
DLNA Media server
Cons

Masih sangat mahal, sekitaran $270


10. Dlink DIR-605L

Dikelas wireless N300 dengan cloud support, D-link memberikan router cloud DIR-605L yang sangat ekonomis dengan harga dibawah $35. Dibanding router lain, router ini dikemas dengan dua antenna external yang cukup panjang. Memang agak sedikit menggangu pemandangan dimeja anda, tapi lumayan anggun dengan warna hitam.



Fitur utama

Berbasis wireless N300
Monitoring remote dengan Smartphone App
4x Fast Ethernet port dan 1x WAN port
Cloud support
Cons

Tidak ada USB port
Itulah salah satu router terbaik dikelasnya, top 10 wireless router yang popular dipasaran. Pilihlah sesuai kebutuhan anda, terbaik menurut kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar