config

Rabu, 12 April 2017

Monkey Test dan Time Service, Virus Bahaya Mengancam Pengguna Android

Membicarakan tentang operating system, untuk saat ini Android lah yang menguasai pasar.

Banyaknya pengguna handphone yang berbasis Android, yang bisa di bilang ladang empuk bagi mereka yang ingin jail membuat virus. 

Lalu apa itu Monkey Test dan Time Service? 
Monkey test dan Time service adalah aplikasi yang sangat mengganggu, dimana aplikasi ini di buat untuk mengacak  - acak system android pada handphone. Jadi, handphone yang terinstal atau terinfeksi oleh virus ini akan berjalan tidak terkontrol. 

Apakah semua handphone android bisa diserang virus ini?
Sangat bisa, karena virus Mongke Test dan Time service ini bisa menyebar melalui aplikasi yang anda install dari luar google play. Artinmya aplikasi yang anda download dari sumber lain bisa saja sudah terinfeksi virus Monkey Test dan Time Service. Bukan hanya itu saja, virus ini juga bisa menyebar melalui internet. Bisa saja anda tidak sengaja mendownload dan mengistall aplikasi dari situs yang membawa virus ini. 

Ciri-ciri handphone terinfeksi Monkey Test dan Time Service
Handphone android yang terinfeksi virus monkey tes dan time service mengalami perubahan system yang tidak terkontrol, handphone akan menjadi panas karena aktifitas aplikasi virus ini yang berjalan terus. Bukan hanya itu saja, handphone akan download dan berjalan sendiri menginstall aplikasi-aplikasi yang tidak jelas. Handphone jadi banyak aplikasi yang mencurigakan, paket data juga cepat habis karena aktifitas download-downoad aplikasi sendiri. 

Bagaimana cara Menghilankannya?
Virus monkey test dan time service termasuk jenis virus yang cukup bandel. Tidak bisa di hilangkan dengan antivirus, karena virus monkey test dan time service ini mengakar di dalam system android. Antivirus belum mampu untuk menghapusnya. 

Jika handphone dalam keadaan root, bisa saja menghapus melalui aplikasi root explore atau sejenisnya  dan beberapa perintah emulator yang cukup membingungkan. Dan juga hasilnya tidak bisa hilang 100 persen.

Tapi bagi anda yang ingin mencoba tidak ada salahnya untuk melakukan tips sebagai berikut ini, agar virus bisa hilang. 

Melakukan hard reset pengaturan pabrik
Menghapus semu data dan aplikasi pribadi di handphone. Mencoba melakukan hard reset, dengan harapan virus belum mengakar ke system android. Karena beda handphone beda chipe yang digunakan dan system keamanan juga berbeda. Sehingga virus juga akan berbeda sejauh mana bisa menginfeksi handphone. 

Caranya bisa melalui pengaturan > backup dan reset > hapus ke pengaturan awal.Sebelum melakukan reset, hapus semua akun di hanphone dan lepas memory card. Memory cad yang sudah terinfesksi juga bisa kembali menyerang hanphone, jadi sebaiknya jangan di pasang dulu. 

Hard reset juga bisa melalui mode recovery, setiap handphone punya cara sendiri untuk masuk mode recovery, jika sudah bisa masuk silahkan wipe data/factory reset dan wipe chace partition

Melakukan flash ulang
Jika dengan cara hard reset tidak membuahkan hasil. Langkat terakhis yaitu melakukan flash ulang. Dengan melakukan flash ulang, handphone akan benar-benar fresh. Handphone akan seperti baru dari segi systemnya.

Semoga dengan begitu anda menjadi lebih hati-hati menggunakan jandphone android. Jika memang sudah terinfekai bisa teratasi, dan kembali normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar